Pramuka SEMAKER Gelar Latihan Keterampilan Kepramukaan


Hay guys……

Pada hari jumat tanggal 26 Mei 2023.kita dewan ambalam dan kelas 10 melaksanakan apel pagi pada jam 07:15 – 07:40.

Materi hari ini adalah semaphore, pohon morse, dan tali temali.

Jadi ada tiga pos, di setiap pos ada 1 kelas kecuali di pos pohon morse, berisi kelas XTO1 dan XTO2.

Dimasing masing pos mempunyai materi yang berbeda-beda tentunya,dimasing masing pos ada yang menyampaikan materi, dan ada yang meragakan (untuk semaphore).

1.POHON MORSE

Di pohon morse di jelaskan bagaimana cara menggunakan pohon morsej. Rumusnya jika mendatar berarti simbol titik (.) Dan jika turun maka bersimbol garis (-) . Setelah kakak pendamping pos selesai memberikan materi, kakak pendamping pos akan memberikan tebak tebakan, siapa yang paling banyak menebak akan mendapatkan voucher belanja di koprasi sekolah.


2.SEMAPHORE

di semaphore ada 8 kunci, kunci 0 sampai dengan kunci 7.

Kita belajar kunci kunci dari kunci 0 sampai 7 dan kunci untuk huruf alphabet. Kemudian kakak pendamping pos menjelaskan sandi 0,1 untuk alphabet A dan seterusnya. Lalu mereka disruh mempraktekkan kunci alphabet, kemudian salah satu dari mereka ada yang menebak.

3.TALI TEMALI

Di pos tali temali mengenal simpul simpul dan fungsi nya

Ada simpul mati berfungsi untuk mengikat tali yang sama besar, simpul anyam berfungsi untuk mengikat tali yang sama besarnya dalam kondisi kering, simpul jangkar berfungsi untuk tandu darurat, simpul kembar digunakan untuk mengikat dua tali yang sama ukurannya dalam kondisi licin atau basah, simpul pangkal digunakan untuk permulaan suatu ikatan.

Setelah melaksanakan kegiatan pramuka semua peserta di perkenankan melakukan kegiatan lain di luar kegiatan pramuka [istirahat] setelah itu memasuki ruang kelas masing-masing untuk mengikuti mata pelajaran selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar