KOLABORASI PRAMUKA BONDOWOSO, GRASEMAKER JOIN JOTA JOTI

 


Mengenal phonetic alphabet

Pada tanggal 14 oktober 2022,GRASEMAKER mengikuti kegiatan JOTA JOTI di SMKN 1 Bondowoso. Sekitar jam 14.00 apel pembukaan pun dimulai, kita memasuki sebuah ruang meeting di SMKN 1 Bondowoso. Setelah apel pembukaan selesai, kita di arahkan untuk meamasuki sebuah ruangan untuk menerima sebuah materi tentang JOTA (Jambore On The Air). Disana kita dikenalkan dengan aphabet phonetic. Phonetic alphabet adalah sebuah system notasi fonetis,yaitu kelompok dari tanda yang dengannya sebuah Bahasa manusia dapat di tulis dan di jelaskan. Kita juga disuruh menghafalkan alphabet,supaya memudahkan kita untuk berbicara melalui radio menggunakan HT.

Belajar cara menggunakan HT

Disana kita juga diajarkan cara penggunaan HT, sebelum kita diajarkan menggunakan HT, kita dikenalkan dulu HT itu apa. Apa itu HT? HT adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat mengomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Kebanyakan walkie talkie digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar.

          Cara menggunakan HT:

1.radio HT harus dalam posisi tegak

2.Tekan tombol PTT terlebih dahulu kurang lebih 2 detik,kemudian baru berbicara. Jangan lupa diakhir kalimat beri kata “ganti” untuk menandakan bahwa kita telah selesai berbicara.

3. setelah selesai berbicara, segera lepas tombol PTT.

 

Berbicara melalui radio

Kita dibagi menjadi kelompok, agar kita saling mengenal antar sekolah. Dari smk kita juga dibagi, jadi kita berpencar. Kita berkenalan dengan anak sekolah lain SERUU BANGETTT….. kita dipandu oleh kakak kakak disana. Kita juga di beri makan malam. Kita juga tidak lupa untuk beribadah. Setelah solat magrib, kita diarahkan Kembali untuk memasuki ruangan untuk berbicara melalui radio. Kita juga diberi tugas untuk mencatat dengan siapa saja kita berbicara. Sudah tentang JOTA kita lanjut ke materi JOTI.

Memanfaatkan internet untuk mencari teman

Di joti, kita dikenalkan dengan aplikasi scoutlink. kita disajarkan menggunakan apk itu. Jika kalian penasaran scoutlink itu apasih? Kalian bisa mencari di internet yaa.. Di scoutlink kita bisa mencari teman dari berbagai daerah, bisa di dalam negeri di luar negeri juga bisa.



JOTA=jambore on the air

JOTI=jambore on the internet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar